Kunjungan Menteri ESDM ke Pos Pengamatan Gunungapi Merapi di Kaliurang

Menteri ESDM, Ignasius Jonan melakukan kunjungan kerja ke Pos Pengamatan Gunungapi Merapi di Dusun Kaliurang, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 12 Desember 2018. Kunjungan ini dalam rangka meninjau Pos Pengamatan Gunungapi Merapi dan kesiapan ASN dalam menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2019. Sekretaris Badan Geologi, Antonius Ratdomopurbo memberikan sambutan selamat datang dan arahan supaya ASN terus meningkatkan kinerja. Selanjutnya Kepala PVMBG, Kasbani menjelaskan aktivitas Gunung Merapi terkini, dimana potensi lahar di musim hujan ini sangat kecil karena material di sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi sudah habis. Namun, masyarakat yang beraktivitas di sekitar sungai yang berhulu di Gunung Merapi dihimbau untuk tetap waspada.  


Menteri Jonan mempersilakan para wisatawan untuk berkunjung ke Yogyakarta selama liburan Natal dan Tahun Baru 2019. Jonan menyebutkan bahwa Yogyakarta aman karena aktivitas erupsi Gunung Merapi saat ini masih berupa guguran lava pijar yang masih berada di dalam area kawah. BPPTKG terus memantau aktivitas Merapi dengan berbagai metode dan peralatan pemantauan.

 
Dalam arahannya, Jonan berharap supaya ASN bekerja sama dalam memberikan informasi kepada masyarakat terutama dalam bidang pengamatan gunungapi. Jonan juga menghimbau agar inspeksi gunungapi-gunungapi di Indonesia terus dilakukan dan segera melapor bila menemukan anomali. 


Selain itu, Menteri ESDM juga memberikan selamat kepada Ir. Kasbani, M.Sc selaku Kepala PVMBG yang tadi malam (11 Desember 2018) menerima penghargaan “Anugerah ASN 2018” sebagai 10 Terbaik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Teladan oleh Menteri PANRB. Selamat kepada Pak Kasbani!